Pengunjung

Senin, 19 November 2012

logika fisika mengatasi masalah




      Sebuah film menceritakan tentang upaya pembunuhan astronaut senior bernama Ashton Villa. Seseorang dengan sengaja mensabotase tali pengait tubuh ashton villa saat sedang memperbaiki satelit di luar angkasa, akibatnya ashton terlepas dari pengait dan melayang di luar angkasa. Ashton memeriksa roket pendorong yang dibawanya, yang ternyata juga rusak. Sisa oksigen pun hanya memungkinkan bertahan selama 4 menit !

      Dalam film ashton yang berjarak sekitar 200 m dari pesawat berusaha untuk kembali ke pesawat. Dia mendorong rokrtb pendorong yang bermassa 10 kg sekuat tenaga sehingga kecepatan gerak roket pendorong ini mencapai 8 m/s. Dalam film ini dikisahkan ashton selamat. Secara fisika, benarkah hal ini dapat terjadi ? diskusikan hal ini bersama teman-temanmu mungkinkah hal ini dapat terjadi. Diketahui massa ashton beserta pakaian astronautnya dalah 80 kg.

Bagaimanakah fisika memecahkan permasalahan ini ?

Pertama kita tinjau konsep gaya gesekan, dan hukum kekakalan momentum. Dimana apabila astronout mendorong roket pendorong sekuat tenaga sehingga roket bergerak dengan kecepatan 8 m/s, dan astronout pun terpental ke belakang dengan sebeah kecepatan. Apakah ini mungking ?
Tidak mungkin karena , di luar angkasa gaya gesekan benar benar 0, yang disebabkan oleh hampa udara. Jadi kenyataannya astronout tetap pada kedudukannya setelah ia mendorong roket pendorong, dan roket pendorong terus bergerak ke vektor arah dorongan.
Sekarang bagaimana jika astronout mendorong roket dorongan ke arah pesawat ulang alik, tentu roket pendorong bergerak ke arah roket ulang alik, dan astronout tetap pada kedudukannya. Sekarang bagaimana lagi jika astronout memengang ropket pendorong katakanlah dengan tali seraya mendorong roket pendorong? Tentu astronout dan roket pendorong bergerak bersama-sama ke vektor arah pesawat ulang-alik.


Demikianlah fisiska menyelesaikannya.

Teka-teki,

Ada seorang pangeran yang disabotase sehingga berada di tengah danau yang berbentuk lingkaran yang sedang membeku sehingga koofisien gesekan 0, benar benar licin sehing pangeran tidak bisa berjalan ke tepi selalu terpeleset. Bersama pangeran disa,pingnya terdapat sekantung uang emas. Bagaimanakah cara pangeran agar selamat ?



download nilai fisika kalian telah di tutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar